Tutorial cara mengobati asma pada anak lengkap

1
143
obat asma anak

Cara mengobati asma pada anak memang perlu Anda pelajari tahap  demi tahap, karena jika menangani penyakit asma pada anak ini perlu yang namanya ketlatenan dan lebih sabar. Berbeda dengan menangani penyakit asma pada orang dewasa, karena anak belum mengerti apa yang mereka rasakan dan apa yang harus di perbuat. Nah kita sebagai orang tua harus mengerti sekali kondisi seperti ini, dan kita yang harus bisa menlatenin dalam pengobatan penyakit asma pada anak – anak. Penyakit asma ini bisa menyerang siapa saja, tidak memandang usia dan umur dan bahkan bayi baru lahir saja sudah memiliki penyakit asma ini tersebut.

Menurut penelitian kesehatan dunia telah mengatakan, penyakit asma ini adalah penyakit keturunan dan faktor genetik ini yang menjadi faktor terbesar penyakit asma ini bisa ada pada Anda atau anak – anak. Faktor lainya seperti lingkungan yang tidak mendukung atau udara kotor sangat menjadi faktor penentu juga penyakit asma ini bisa terjangkit pada anak – anak dan orang dewasa sekalipun. Namun, meski penyakit ini adalah penyakit yang termasuk penyakit berat bukan tidak mungkin penyakit ini tidak bisa di sembuhkan. Dengan catatan dalam penangananya harus lebih sabar dan lebih telaten, dan pihak kesehatan sendiri belum menemukan obat tertentu yang pasti yang bisa menyembuhkan penyakit asma ini tersebut.

obat asma anak

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi penyakit asma pada anak

  • Lahir dengan berat badan di bawah normal
  • Lahir dengan prematur
  • paparan asap rokok semasih di dalam kandungan ( Ibu menghisap asap rokok dari luar atau bapak sedang rokok )
  • Faktor genetik ( ada salah satu anggota keluarga yang memiliki penyakit asma )
  • Infeksi saluran pernapasan yang terjadi berkali kali dan sehingga menjadi parah
  • Anak laki – laki lebih mudah terkena penyakit asma di banding perempuan

Lalu apa saja tanda – tanda saat anak akan menderita penyakit asma tersebut ?

  • Batuk yang sifatnya menetap
  • Kesulitan untuk bernapas
  • Muncul suara mengi saat akan bernapas
  • Tarikan napas pendek
  • Sering merasakan sesak di dada
  • Dada akan naik turun saat bernapas

Berikut ini ciri ciri jika penyakit asma semakin parah pada anak Anda

  • Pernapasan akan semakin tersengal – sengal dan akan semakin berat
  • Saat bernapas akan ter engah – engah
  • Perut akan mengempis ke bawah tulang rusuk karena di sebabkan susahnya mengambil pernapasan
  • Alat bantu pernapasan tidak mampu membantu untuk bernapas

Lalu bagaimana cara menangani penyakit asma pada anak semasih belum parah ?

Perlu di ketahui bahwa menurut ilmu kedokteran dan bahkan pihak kedokteran seluruh dunia mengatakan, penyakit asma ini belum di temukan obat yang pasti bisa menyembuhkan. Hanya saja pengobatan asma ini hanya untuk membantu si penderita ini bisa bertahan hidup seperti teman – teman yang lainya. Maka dari itu jika anak kita kebetulan terkena penyakit asma ini, kita sebagai orang tua harus bisa melakukan sesuatu atau mendampingi si anak tersebut supaya bisa menjalani hidupnya dengan nyaman. Berikut ini adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan terhadap anak Anda :

  • Mengetahui seberapa sering penyakit asma tersebut kambuh
  • Kenali penyebab atau faktor yang membuat asma tersebut bisa kambuh pada anak, karena setiap anak memiliki kekebalan tubuh yang berbeda – beda
  • Kenali obat apa yang biasanya mampu menangani atau P3K pada asma anak tersebut
  • Bicarakan lebih dekat lagi terhadap apa saja yang bisa membuat asma tersebut kambuh, supaya anak tidak melakukan hal tersebut saat mereka tidak bersama dengan Anda.
  • Selalu bawakan alat bantu pernapasan kepada anak tersebut

obat asma anak 2 tahun

Lalu bagaimna cara mengobati penyakit asma pada anak yang terkena penyakit asma ?

Di sini ada banyak sekali obat yang bisa Anda gunakan untuk membantu supaya si anak ini bisa bertahan sampai nanti kelak, salah satunya dengan menggunakan obat dari kedokteran dan biasanya obat dari dokter ini sudah di racik dengan takaran pas. Namun, tetapi perlu di ingat jika kita menggunakan obat – obatan kimia pasti ada efek samping yang bisa menyebabkan tubuh bisa terkena obat kimia tersebut. Atau Anda bisa menggunakan obat herbal yang bisa Anda dapatkan di berbagai toko online di Indonesia, akan tetapi kekurangan obat herbal ini masih belum ada patokan tertentu atau kadang tidak memiliki efek pada penyakit asma tersebut.

Namun semua perlu di coba supaya penyakit tersebut tidak semakin bertambah parah lagi, di bawah ini telah kami rangkum beberapa obat kimia yang bisa Anda pesan di apotik atau dari dokter untuk membantu penyakit asma pada anak Anda :

1. Kortikosteroid hirup 

Obat ini termasuk obat – obatan anti peradangan yang mampu menangani dalam jangka panjang, obat jenis ini biasanya seperti ini : ciclesonide, flutacasone, budesonide, mometasone dan masih banyak lagi.

2. Long – Acting beta antagonist

Obat jenis ini biasa di sebut dengan pereda asma rekasi lambat, obat ini berfungsi untuk membuka saluran pernapasan yang mengalami penyempitan.

3. Inhaler Combinasi

Untuk obat yang satu ini adalah obat untuk pencegahan penyakit asma, obat ini adalah merupakan kombinasi dari kortikosteroid.

4. Theophylline

Obat ini akan melemaskan otot yang menegang di daerah pernapasan atau bagian paru – paru, ini akan membantu meringankan pernapasan pada anak – anak Anda.

Di atas adalah beberapa obat – obatan dari bahan kimia yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi penyakit asma yang sedang kambuh pada anak anak. Dengan menggunakan obat kimia ini biasanya akan dengan cepat rasa sesak akan teratasi, akan tetapi perlu di catat berapa banyak obat kimia yang akan masuk kedalam tubuh si anak tersebut jika sedang kambuh langsung mengkoonsumi obat kimia tersebut.

Dari sini Anda perlu mengetahui lebih jauh lagi , efek lainya akan mempengaruhi tubuh si anak tersebut jika menggunakan obat kimia. Namun, semua itu tidak ada salahnya toh obat kimia juga bisa langsung mengobati penyakit asma yang sedang kambuh, akan tetapi kita juga melihat pengobatan lainya yang lebih mampu menjaga tubuh anak ini bisa lebih sehat lagi. Misalnya Anda melirik madu asli untuk membantu tubuh si anak ini bisa lebih sehat dan mampu untuk menghindari asma ini tersebut, ada satu referensi madu asli yang biasa di sebut dengan madu murni hitam sumbawa. Berikut seperti apa dan khasiat madu hitam sumbawa tersebut: Madu murni hitam sumbawa.

 

obat asma anak 2 tahun

Pertanyan – pertanyaan umum yang biasa di ajukan oleh si orang tua terhadap anak yang menderita asma

1. Apakah anak bisa bertahan sampai nanti dengan penyakit asma ?

Menurut riset kedokteran anak yang memiliki penyakit asma ini tercatat sekitar 50 % bisa menjalani hidupnya sampai nanti kelak.

2. Amankan memelihara hewan di rumah

Perlu di ketahui penyakit asma ini sangat rentan dengan yang namanya alergi udara dan debu, dan hal ini bisa terjadi dengan hewan – hewan peliharaan tertentu yang akan membuat penyakit asma ini bisa kambuh. Kan tetapi tidak semua anak akan terpengaruh dengan hewan – hewan tersebut, akan tetapi lebih baiknya jika untuk menghindari hewan peliharaan tersebut untuk menjaga si anak ini bisa tetap sehat.

3. Apakah anak bisa malakukan olah raga di sekolah ?

Hal ini perlu di lakukan, karena dengan melakukan olah raga ini akan membantu menguatkan otot – otot pada bagian paru paru nak tersebut. Akan tetapi perlu di catat dan perlu  di katahui, saat anak mengikuti olah raga di sekolah harus berkonsultasi dengan dokter dengan ini maka Anda akan lebih tau apa saja yang harus di lakukan ketika si anak ini akan ikut olah raga di sekolah dengan teman – temanya.

 

Ulasan asma menarik lainya 

Ulasan cara mengobati asma akut dengan madu Sumbawa

Cara mengobati asma berat dengan madu hitam sumbawa

Cara mengobati penyakit paru paru basah dengan menggunakan madu murni

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here